Friday, November 1, 2013

SEHAT DAN CANTIK ALAMI DENGAN KHASIAT PALA




Bunda siapa yang belum pernah pegang pala? Buah pala loh ya, bukan “kepala” hihihi. Pala biasanya digolongkan ke dalam keluarga bumbu masak. Bunda yang jago masak pasti tahu betul rupa bumbu masak yang satu ini. Bentuknya bulat kecil, warnanya coklat tua, teksturnya keras dengan baunya yang khas. Orang bule menyebutnya “nutmeg”, klo para ilmuwan mengenalnya dengan Myristica fragrans.
Selain buat  masak, ada juga manisan pala, sapa yang suka ayo? Warnanya putih dibentuk seperti bunga bertabur gula. Kabarnya makan manisan pala bikin ngantuk, kok bisa ya ? ya karena mengandung myristica yang berfungsi seperti antidepresan, itu dia yang bikin ngantuk. So, buat yang susah tidur atau insomnia, buah pala solusinya. Kalau jam tidur cukup, maka badan lebih sehat dan kulit terlihat jauh lebih segar. Pala yang sudah dihaluskan juga dapat mengusir masuk angin yang bikin perut kembung lho.
Nah, kalau untuk perawatan wajah, si pala ini  bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, menghilangkan komedo. Awawaw, gimana caranya? Untuk menghilangkan bekas jerawat, gunakan pala sebagai masker, caranya mudah, bunda tinggal mencampur pala bubuk dengan madu hingga membentuk adonan pasta dan gunakan sebagai masker wajah. Srub dari campuran bubuk pala dan kulit  jeruk yang sudah dihaluskan membantu menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori wajah.
Riset para ahli menemukan bahwa pala dapat memperbaiki sistem tubuh dan detoksifikasi (pengeluaran racun atau zat yang tidak berguna bagi tubuh). Proses detoksifikasi terutama pada organ liver dan ginjal. Jadi bagi penderita penyakit pada liver atau ginjal, mengkonsumsi pala dapat membantu proses penyembuhan. Pala juga dapat berfungsi sebagai anti nyeri pada beberapa jenis penyakit seperti nyeri sendi dan arthritis( radang sendi). Caranya dengan mengoleskan minyak pala pada daerah sendi yang radang atau nyeri.
Perlu diperhatikan dalam penggunaan dosis pala. Tidak dianjurkan mengkonsumsi pala lebih dari dua sendok makan. Penggunaan pala yang berlebihan atau over dosis dapat menyebabkan delusional.