Tuesday, October 8, 2013

Manfaat Beras Untuk Kecantikan Kulit


Bagi masyarakat Indonesia beras adalah salah satu kebutuhan pokok pangan. Namun ternyata dibalik itu, beras juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Beras yang memiliki bahasa keren oryza sativa mengandung senyawa gamma oryzanol yang merupakan antioksidan kuat, berfungsi mengatur produksi kolagen dan menangkal radiasi ultraviolet.
Selain itu beras mengandung protein gluten,selulose, gula dan beberapa vitamin penting untuk tubuh, utamanya vitamin E yang jago bikin kulit mulus. Pada zaman dahulu, para wanita menggunakannya sebagai masker dan facial wash alami. Psst, tau gak bunda ? ternyata masker beras adalah resep rahasia kulit cantik ala geisha Jepang.
Ada beberapa jenis beras yang bisa kita jumpai di pasaran, yaitu beras putih, merah dan hitam. Beras Putih adalah jenis yang paling sering kita jumpai sehari – hari, warnanya putih agak transparan. Buat bunda yang punya jenis kulit normal cenderung berminyak cocok memakai beras putih. Beras merah pas banget buat kulit normal cenderung kering. Beras berwarna merah keunguan, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Beras Hitam adalah jenis yang sangat langka dengan warna ungu pekat hampir hitam. Beras hitam bisa dipakai untuk segala jenis kulit.
Masker beras terbukti bisa membuat kulit tetap kencang dan bebas jerawat. Ramuan lulur Jawa pun terbuat dari campuran bubuk beras yang ditambahkan herbal lainnya. Siapa yang mau kulit halus dan cerah ala putri keraton ? Coba deh pake lulur jawa rutin 1- 2 kali seminggu.
Tips buat wajah berjerawat, pakai masker yang berasal dari air pada saat menanak nasi. Sebelum nasi hampir matang ambil sedikit air yang telah mengental, tunggu hingga agak dingin dulu ya, baru setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Oleskan masker tersebut secara rutin dua kali sehari, wajah bebas jerawat dan tampak lebih cerah. Buat bunda yang tidak berjerawat cukup gunakan masker dari air cucian beras yang telah diendapkan untuk mendapatkan kulit cerah dan kenyal.
Beras Jepang banyak digunakan pada produk kecantikan ternama karena memiliki kadar squalane oil lebih tinggi dibanding jenis lain. Squalane oil berfungsi melembabkan dan memberi asupan air pada kulit. Beras Jepang yang telah di fermentasi dalam bentuk sake ampuh untuk meregenerasi dan menyembuhkan iritasi kulit. Fermentasi beras mengandung pitera yang dipatenkan penemuannya oleh kosmetik terkenal SK II.
Adalagi bedak beras yang berfungsi menyejukan kulit dan dapat mengurangi iritasi pada kulit sensitif. Bedak beras digunakan untuk menenangkan kulit yang merah akibat terpapar sinar matahari.Cara membuatnya cukup mudah :
  1. Beras direndam air selama minimal 3 hari, setelah itu tiriskan dan keringkan di bawah sinar matahari.
  2. Blender beras tanpa menambahkan air, kemudian diayak untuk mendapatkan hasil lebih halus.
  3. Bila kurang halus ulangi tahap kedua.
  4. Tahap selanjutnya direndam dengan air pandan atau mawar selama 3 hari, dengan batas air rendaman tidak melebihi batas atas beras. Air pandan atau mawar dapat memberikan wangi alami pada bedak beras.
  5. Jemur hasil rendaman hingga benar benar kering. Bedak beras siap dipakai.
        Begitu banyak manfaat beras bagi kecantikan kulit, bunda bisa mencoba membuat sendiri atau membeli produk olahan beras yang banyak terdapat pada beberapa kosmetik di pasaran. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

2 comments:

Sherly Ambarwati said...

Makasih infonya, emang kalau makan sedikit aja udah terasa kenyang, tapi tahu tidak beras merah juga bagus untuk kecantikan kulit kita, mampir ya di blogku http://sabundejavusoap.blogspot.com/; kamu dapat infonya

Handayani Heni said...

By seeking will certainly get satisfactory results? thanks for this useful information
Produk Green World Indonesia
Agen Resmi Green World Indonesia
Cara Ampuh Mengobati Diabetes Secara Alami
Obat Alami Untuk Memicu Kecerdasan Anak
Pengobatan Alternatif Jantung Rematik Paling Mujarab
Faktor Penyebab Ginjal Bengkak