Tuesday, January 15, 2013

INISIASI MENYUSUI DINI

Inisiasi menyusu dini adalah usaha aktif bayi untuk menyusu dalam satu jam pertama kelahiran, baik persalinan normal maupun sc dengan difasilitasi oleh tenaga kesehatan (dokter/bidan yang menolong persalinan). Bayi diletakkan di perut dan dada ibu segera setelah lahir dan diberi kesempatan untuk mulai menyusu sendiri dengan cara merangkak mencari payudara (the breast crawl) dan membiarkan kontak kulit bayi dan ibu setidaknya selama satu jam bahkan lebih sampai bayi menyusu sendiri.
Tujuannya untuk memperkenalkan bayi dengan ibu sesegera mungkin melalui inisiasi menyusu dini. Selain itu IMD bertujuan mempertahankan kondisi bayi baru lahir dalam keadaan sehat secara optimal, mencegah hipotermi, mempercepat produksi ASI, memberi perlindungan alamiah (imunisasi) bagi bayi
IMD dilakukan pada bayi baru lahir cukup bulan, sehat dan bayi prematur berisiko rendah yang lahir setelah kehamilan 35 minggu tanpa masalah pernapasan (stabil). Kondisi ibu juga dalam keadaan stabil yaitu ibu tanpa komplikasi kehamilan/persalinan.
Lima urutan perilaku bayi saat menyusu pertama kali:
1. Bayi beristirahat dan melihat dalam 30 menit pertama.
2. Bayi mulai mendecak bibir dan membawa jarinya kemulut.
3. Bayi mengeluarkan air liur.
4. Bayi menendang, menggerakkan kaki, bahu, lengan dan badannya ke arah dada ibu dengan mengandalkan indra penciumannya.
5. Bayi melekatkan mulutnya ke puting ibu
Langkah 2-5 terjadi dalam 30-60 menit setelah bayi lahir dengan kontak kulit ibu dan bayi terus menerus tanpa terputus.

No comments: