Thursday, December 20, 2012

TEKNIK MEMERAH ASI

Bagi moms yang bekerja namun ingin memberikan ASI eksklusif, menyiapkan ASI perah atau ASIP mutlak diperlukan. Moms dapat memilih beberapa cara untuk mendapatkan stok ASIP, yaitu memerah secara manual ataupun menggunakan breast pump manual ataupun automatis. Bila moms memilih teknik memerah ASI secara manual, maka diperlukan teknik memerah.
Teknik memerah yang salah dapat merusak jaringan payudara. Namun bila teknik yang digunakan benar, moms dapat memperoleh ASI yang tidak kalah banyak dengan menggunakan breast pump. Teknik Memert adalah cara memerah ASI secara manual dan mengutamakan let-down refleks (LDR). LDR adalah rangsangan yang terjadi jika puting dihisap oleh bayi, setelah beberapa saat payudar akan mengencang dan ASI akan keluar deras, sehingga bayi akan mempercepat irama menghisap bayi. Kuncinya adalah kombinasi gerakan memerah dan memijat.
Teknik Memert :
1. Letakkan ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah kira- kira 1,5cm dari aerola.
2. Dorong ke arah dada, hindari meregangkan jari. Bila payudara besar, angkat dan dorong ke arah dada.
3. Gulung menggunakan ibu jari dan jari lainnya secara bersamaan. Gerakan jari hingga ASI habis. Teknik yang tepat tidak akan menimbulkan nyeri.
4. Ulangi secara teratur hingga ASI habis.
5. Putar ibu jari dan jari lainnya ke gudang ASI lainnya. Ulangi gerakkan diatas. Bila memeras payudara kiri gunakan tangan kiri dan sebaliknya. Agar ASI tak bersisa, saat memeras ASI gerakkan jari memutar searah jarum jam.

dari berbagai sumber

No comments: