Wednesday, December 12, 2012

PENYIMPANAN DAN PENYAJIAN ASIP

Air susu ibu hasil perahan atau pompa biasa disebut ASIP. Agar kandungan dalam ASIP terjaga, moms harus memperhatikan cara penyimpanan dan penyajian yang benar.

Cara penyimpanan ASIP :
1. ASIP disimpan dalam wadah steril, paling baik menggunakan botol kaca, botol plastik dapat mengubah rasa dan menghilangkan kandungan vitamin dalam ASIP.
2. Beri label tanggal pada botol,segera setelah ASIP ditampung.
3. Simpan ASIP dalam botol yang tertutup rapat, jangan ditutup dot karena masih ada peluang untuk berinteraksi dengan udara.
4. Jangan isi botol hingga penuh betul, karena ASIP memuai saat membeku sehingga tutup botol bisa lepas.
Lama penyimpanan ASIP :
1. Jika disimpan dalam ruangan tak ber AC, ASIP tahan hingga 4 jam. ASIP dalam ruangan ber AC dengan suhu stabil, tahan hingga 6 jam.
2. Jika segera disimpan dalam lemari es, ASIP tahan hingga 8 hari dalam suhu lemari es. ASIP disimpan terpisah dari makanan lain, jika tidak, jangan lebih dari 72 jam. Ruangan terpisah dapat dibuat menggunakan container plastik bersih.
3. ASIP tersimpan aman dalam suhu kamar 25 derajat Celcius selama 4jam, dalam lemari es bersuhu 4 derajat Celcius selama 72 jam dan dalam frezzer bersuhu -20 derajat Celcius selama 3-6 bula
4. Beri label tanggal pemerahan ASIP pada botol penyimpanan.
Penyajian ASIP :
1. Panaskan ASIP dengan cara mengaliri permukaan luar botol dengan air panas atau rendam botol didalam wadah berisi air panas, bukan air mendidih.
2. Jangan memanaskan botol dengan cara mendidihkan dalam panci atau microwave atau alat pemanas lain kecuali steamer khusus AS
3. Agar mencegah ASIP terbuang, sesuaikan jumlah ASIP yang dipanaskan dengan kebiasaan minum bayi
4. ASIP yang telah dipanaskan tidak bisa disimpan lag

dari berbagai sumber

No comments: