Monday, December 10, 2012

MANAJEMEN LAKTASI

Manajemen laktasi adalah suatu upaya agar proses laktasi atau menyusui dapat berjalan dengan lancar dan baik. Manajemen laktasi meliputi perawatan payudara, praktek menyusui yang benar, serta dikenalinya masalah laktasi dan cara mengatasinya.

Perawatan Payudara
Pada masa kehamilan, payudara akan mengalami perubahan seperti pembesaran payudara, terasa lebih kencang dan padat, sering kali bunda merasa sakit atau nyeri. Daerah aerola tampak menojol dan berwarna lebih gelap. Pemilihan bra juga penting agar dapat menopang perkembangan payudara , lebih baik hindari bra berkawat dan pilih bra menyusui. Hal penting lain dalam perawatan payudara adalah breast care. Menjaga kebersihan sehari – hari terutama membersihkan daerah puting dan aerola dengan baby oil sehingga bebas dari kotoran yang menyumbat. Hindari membersihkan daerah puting menggunakan sabun, karena akan membuat payudara kering dan kaku akibat hilangnya 'pelumas' yang dihasilkan kelenjar Montgomery.

Proses Menyusui
Masa laktasi adalah periode sesudah bayi lahir saat ASI terbentuk dan dikeluarkan. Lama masa laktasi tergantung motivasi dan kemampuan penerapan manajemen laktasi. Disadari atau tidak, motivasi bunda untuk menyusui menentukan keberhasilan proses menyusui seperti positive thinking bahwa bunda dapat memberikan ASI kepada bayi. Apabila bayi sehat dan ASI belum keluar selama 2-3 hari, bunda tidak perlu kuatir karena bayi cukup menghisap kolostrum yang dihasilkan payudara.
Dianjurkan hanya memberikan ASI saja pada bayi hingga umur 6 bulan (ASI Ekslusif). Setelah 6 bulan, secara bertahap bunda dapat memberikan makanan pendamping ASI (MPASI). ASI dapat diberikan sampai anak berusia 2 tahun.

No comments: